Rabu, 21 Maret 2012

Penerapan Gelombang Bunyi dan Cahaya

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, radiasi gravitasional juga bisa berjalan lewat vakum, gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya memulihkan yang lentur) di mana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat kepada lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen, yaitu tidak ada perpindahan secara masal. Malahan, setiap titik khusus berosilasi di sekitar satu posisi tertentu. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menghitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal).
Gelombang Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. Sedangkan Gelombang Cahaya merupakan radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi mata manusia. Karena itu, cahaya selain memiliki sifat-sifat gelombang secara umum misal dispersi, interferensi, difraksi, dan polarisasi, juga memiliki sifat- sifat gelombang elektromagnetik, yaitu dapat merambat melalui ruang hampa. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menghitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnya seperti riak gelombang air, benang yang digetarkan, dsb.Gelombang logitudinal adalah gelombang yang merambat dalam arah yang berimpitan dengan arah getaran pada tiap bagian yang ada.Gelombang air laut saat mendekati pantai akan berubah panjang gelombangnya.

B.    Rumusan Masalah
1.    Mengidentifikasi mamfaat yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mengenai gelombang Bunyi dan Cahaya?
2.    Bagaimana gambaran yang dapat dilihat dari gelomabang Bunyi dan Gelombang Cahaya?

C.    Tujuan
1.    Dapat menemukan berbagai manfaat gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Untuk meningkatkan kemampuan Pengembangan Diri.

BAB II
PEMBAHASAN
1.1.Gelombang Bunyi
A. Mengenai  Gelombang Bunyi
Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara.
Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.Energi gelombang bunyi diudara adalah osilasi molekul udara yang bervibrasi membentuk gelombang sepanjang arah perjalanan  dengan amplitudo.
Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yang bergetar maju-mundur. Tiap saat, molekul-molekul itu berdesakan di beberapa tempat, sehingga menghasilkan wilayah tekanan tinggi, tapi di tempat lain merenggang, sehingga menghasilkan wilayah tekanan rendah. Gelombang bertekanan tinggi dan rendah s ecara bergantian bergerak di udara, menyebar dari sumber bunyi. Gelombang bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia,Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal.

B. Manfaat Dari Gelombang Bunyi dalam teknologi
1. Dalam bidang Kesehatan ,
Ultrasonography (USG).
Ultrasonic digunakan untuk mengamati cacat cacat dalam jaringan hidup. Sifat reflektif jaringan normal dan jaringan abnormal cukup jelas untuk dibedakan secara ultrasonic. Alat diagnosis dengan ultrasonic digunakan untuk menemukan beberapa penyakit berbahaya di dada/payudara,hati, otak dan beberapa organ lainnya. Pengamatan ultrasonic pada seorang wanita hamil dapat memperlihatkan janin di uterus.

2.Dalam industri
•    Reflektoskop
ultrasonik digunakan untuk meratakan campuran susu agar homogen, membersihkan benda yang halus, meratakan campuran besi dan timah yang dilebur dalam industri logam, untuk sterilisasi pada pengawetan makanan dalam kaleng dan sebagainya. Penerapan gelombang ultrasonik dapat dijumpai dalam bentuk pengujian material dan pendeteksian kerusakan atau keretakan  dalam struktur logam dan beton.dengan teknik memindai ( scanning ) yang menggunakan gelombang bunyi ultrasonic,dapat diketahui keretakan , cacat atau penipisan yang terjadi dalam material. Suatu alat yang bernama reflektoskop digunakan untuk mendeteksi cacat yang terkandung dalam besi tuang. Cacat pada velg ban mobil diperiksa dengan menggunakan alat ini. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk mempercepat beberapa reaksi kimia. Getaran kuat pada gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menggugurkan ikatan antara partikel kotoran dan bahan kain serta menggetarkan debu yang melekat sehingga lepas.

3. Dalam bidang kelautan dan pertahanan
•    Sonar
Dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik. SONAR menghasilkan gelombang suara yang dikirim dari suatu piranti yang dipantulakan kembali oleh dasar samudra. Alat ini juga digunakan untuk menentukan letak suatu benda yang berada dibawah permukaan laut. Prinsip kerja SONAR berdasarkan prinsip pemantulan gelombang ultrasonik. Alat ini diperkenalkan pertama kali oleh Paul Langenvin, seorang ilmuwan dari Prancis pada tahun 1914. Pada saat itu Paul dan pembantunya membuat alat yang dapat mengirim pancaran kuat gelombang bunyi berfrekuensi tinggi (ultrasonik) melalui air. 
Pada dasarnya SONAR memiliki dua bagian alat yang memancarkan gelombang ultrasonik yang disebut transmiter (emiter) dan alat yang dapat mendeteksi datangnya gelombang pantul (gema) yang disebut sensor (reciver).  Gelombang ultrasonik dipancarkan oleh transmiter (pemancar) yang diarahkan ke sasaran, kemudian akan dipantulkan kembali dan ditangkap oleh pesawat penerima (reciver).
Dengan mengukur waktu yang diperlukan dari gelombang dipancarkan sampai gelombang diterima lagi, maka dapat diketahui jarak yang ditentukan. Untuk mengukur kedalaman laut, SONAR diletakkan di bawah kapal.  Dengan pancaran ultrasonik diarahkan lurus ke dasar laut, dalamnya air dapat dihitung dari panjang waktu antara pancaran yang turun dan naik setelah digemakan.
Banyak sekali teknologi yang memanfaatkan gelombang bunyi dan gelombang cahaya. Sebagai contoh : teknologi sederhana yang dilakukan oleh nelayan tradisional di perairan laut jawa, yang biasa mereka sebut dengan telpon ikan. Yaitu mendeteksi keberadaan ikan dengan mendengarkan suara-suara melalui dayung mereka. Tetapi karena gelombang bunyi audible (20 Hz-20.000 Hz) ini luas sekali jelajahnya, dan banyak sumber-sumber gangguannya, maka orang lebih cenderung menggunakan gelombang bunyi ultra (ultrasonic ) dengan frekuensi > 20.000 Hz, gelombang suara yang telah dirubah menjadi signal listrik akan memodulasi gel cahaya. Dan gelombang cahaya ini yang disalurkan melalui serat optik menuju ke penerima. Dengan teknologi ini, pengiriman signal komunikasi menjadi lebih tahan gangguan luar.

4.    Dalam bidang Teknologi,
penggunaan gelombang bunyi dilakukan  dalam pembuatan audio sistem (speaker) .Bunyi audiosonic memiliki frekuensi sebesar 20 Hz sampai 20.000 Hz Jadi manusia hanya dapat mendengar 20-20.000 Hz saja.peng gunaan Audiosonic memungkinkan manusia dapat mendengar suara dari berbagi macam barang elektronik Khususnya barang elektronik yang dipasangkan speaker seperti Televisi, Radia Tape dan elektronik yang lainnya.

1.2.Gelombang cahaya
A.Mengenai  Gelombang Cahaya
Cahaya merupakan energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, Cahaya adalah salah satu bentuk gelombang. Cahaya dapat merambat di ruang hampa udara karena termasuk jenis gelombang elektromagnetik. Jika cahaya mengenai suatu benda, seperti halnya gelombang mekanik, cahaya tersebut dapat dipantulkan dan dibiaskan.
Cahaya memiliki beberapa sifat cahaya, di antaranya cahaya dapat merambat lurus, dapat dipantulkan, dapat dibiaskan, dan dapat mengalami penguraian warna.Cahaya merupakan salah satu bentuk gelombang. Cahaya dapat merambat tanpa medium termasuk jenis gelombang elektromagnetik. Tuhan telah menciptakan Matahari dan cahayanya sedemikian rupa sehingga makhluk yang berada di Bumi dapat memanfaatkan cahaya tersebut.
cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. selain itu gelombang cahaya memancarkan energi gelombang kesegala arah denagn fase yang acak sehingga poal interferensinya terbentik dalam selang waktu yang sangat singkat dan tidak teramati oleh mata. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang didalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Contoh : cahaya, sinar gamma (γ), sinar ultra violet, cahaya tampak, infra merah, gelombang radar, gelombang TV, gelombang radio.
cahaya didefinisikan sebagai gelombang elektromagnetik dan memicu serangkaian penemuan dan pemikiran, sejak tahun 1838 oleh Michael Faraday dengan penemuan sinar katoda, tahun 1859 dengan teori radiasi massa hitam oleh Gustav Kirchhoff, tahun 1877 Ludwig Boltzmann mengatakan bahwa status energi sistem fisik dapat menjadi diskrit, teori kuantum sebagai model dari teori radiasi massa hitam oleh Max Planck pada tahun 1899 dengan hipotesa bahwa energi yang teradiasi dan terserap dapat terbagi menjadi jumlahan diskrit yang disebut elemen energi, E. Pada tahun 1905, Albert Einstein membuat percobaan efek fotoelektrik, cahaya yang menyinari atom mengeksitasi elektron untuk melejit keluar dari orbitnya. Pada pada tahun 1924 percobaan oleh Louis de Broglie menunjukkan elektron mempunyai sifat dualitas partikel-gelombang, hingga tercetus teori dualitas partikel-gelombang. Albert Einstein kemudian pada tahun 1926 membuat postulat berdasarkan efek fotolistrik, bahwa cahaya tersusun dari kuanta yang disebut foton yang mempunyai sifat dualitas yang sama. Karya Albert Einstein dan Max Planck mendapatkan penghargaan Nobel masing-masing pada tahun 1921 dan 1918 dan menjadi dasar teori kuantum mekanik yang dikembangkan oleh banyak ilmuwan, termasuk Werner Heisenberg, Niels Bohr, Erwin Schrödinger, Max Born, John von Neumann, Paul Dirac, Wolfgang Pauli, David Hilbert, Roy J. Glauber dan lain-lain.
Era ini kemudian disebut era optika modern dan cahaya didefinisikan sebagai dualisme gelombang transversal elektromagnetik dan aliran partikel yang disebut foton. Pengembangan lebih lanjut terjadi pada tahun 1953 dengan ditemukannya sinar maser, dan sinar laser pada tahun 1960.

B.Manfaat Dari  Gelombang Cahaya dalam Teknologi

1. Bidang kesehatan ,

Laser
adalah akronim dari light amplification by stimulated emission of radiation. Laser merupakan sumber cahaya yangmemancarkan berkas cahaya yang koheren. Laser termasuk cahaya monokromatik Laser  mempunyai intensitas  dan  tingkat ketelitian yang   sangat tinggi, sehingga laser banyak digunakan dalam berbagaiperalatan.Laser pertama kali dikembangkan pada tahun 1960. Penerapanlaser dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai pemindai barcode  di supermarket, alat pemutar CD atau DVD, laser printer ,dan dioda laser. Di bidang kedokteran, laser digunakan sebagai pisau bedah dan untuk menyembuhkan gangguan akomodasi mata.

    Infra Merah
kondisi-kondisi kesehatan dapat didiagnosis dengan menyelidiki pancaran inframerah dari tubuh.
 Foto inframerah khusus disebut termogram digunakan untuk mendeteksi masalah sirkulasi darah , radang sendi dan kanker. Radiasi inframerah dapat juga digunakan dalam alarm pencuri. Seorang pencuri tanpa sepengetahuannya akan menghalangi sinar dan menyembunyikan alarm. Remote control berkomunikasi dengan TV melalui radiasi sinar inframerah yang dihasilkan oleh LED ( Light Emiting Diode ) yang terdapat dalam unit, sehingga kita dapat menyalakan TV dari jarak jauh dengan menggunakan remote control.

2. Bidang Teknologi,
    Serat optik
yaitu laser digunakan untuk mengirim sinyal telepon dan internet melalui suatu kabel khusus. Serat optik merupakan suatuserat transparan yang digunakan untuk mentransmisicahaya, misalnya laser. Dengan menggunakan seratoptik, data yang dikirim akan lebih cepat sampai. Karena kecepatan data tersebut sama dengan kecepatan cahaya,yaitu 3.108 m/s.

    Hologram, Perkembangan laser juga merambah bidang fotografi. Penggunaan laser dalam fotografi dikenal sebagaiholografi. Holografi adalah pembuatan gambar-gambar tiga dimensi dengan menggunakan laser. Hasil yang diperoleh pada proses holografi disebut hologram.Mekanisme holografi adalah sebagai berikut. Objek yangakan dibuat hologram disinari dengan laser. Objek tersebutkemudian memantulkan sinar dari laser. Perpaduan antaralaser dengan sinar yang dipantulkan objek akan mem-berikan efek interferensi. Efek interferensi inilah yangmemberikan bayangan objek tiga dimensi.
 
3. Kehidupan  Tumbuhan ,
•    Sinar Ultraviolet.
Sinar UV yang diperlukan tumbuhan dalam proses asimilasi yang terjadi didalam tubuh tumbuhan tumbuhan dan dapat membunuh kuman-kuman penyakit kulit. Namun jika berlebihan tumbuhan akan mengalami perusakan sel sehingga daun pada tumbuhan terdapat bercak-bercak hitam
4. kehidupan sehari hari
•    Mesin Fotokopi
Menurut Wikipedia, sebuah mesin fotokopi (atau Copier) didefinisikan sebagai mesin yang bisa membuat salinan dokumen dan gambar visual lainnya dalam selembar kertas dengan cepat dan murah. Kebanyakan mesin fotokopi saat ini menggunakan teknologi yang disebut xerografi, proses pengeringan yang menggunakan panas. (Copiers juga dapat menggunakan teknologi output lainnya seperti tinta jet, tetapi xerografi merupakan standar yang sering digunakan.) Xerografi diperkenalkan pertama kali oleh Xerox di tahun 1949, dan secara bertahap menggantikan media pengganda yang dibuat oleh Verifax, fotostat, kertas karbon, mesin stensil mesin, dan mesin duplikasi lain. Salah satu pengembangan mesin ini ditujukan untuk mencegah infrastruktur perkantoran tanpa kertas yang digembar-gemborkan di awal revolusi digital.
CARA KERJA
            Untuk melakukan sebuah proses duplikasi (penggandaan) dari dokumen asli menjadi dokumen hasil salinan, mesin fotokopi bekerja melalui berbagai tahap, yaitu sebagai berikut :
1.    Pengisian muatan: silinder drum elektrostatis dalam mesin dialiri oleh suatu kawat bertegangan tinggi yang disebut kawat korona (corona wire) atau kawat bermuatan. Drum memiliki lapisan bahan yang bersifat fotokonduktif. Sebuah photoconductor merupakan sebuah semikonduktor yang bisa menjadi konduktif ketika terkena cahaya.
2.    Penangkapan : Sebuah lampu terang menerangi dokumen asli, dan area putih dokumen asli (area yang tidak terkena tinta) meneruskan cahaya ke permukaan drum fotokonduktif. Bidang drum yang terkena cahaya menjadi konduktif, sehingga dibuang menuju ground. Luasan drum yang tidak terkena cahaya (bagian tulisan/area hitam dari dokumen asli) tetap bermuatan negatif. Hasilnya adalah sebuah gambar listrik laten di permukaan drum.
3.    Pencitraan: Toner bermuatan positif. Ketika toner dimuntahkan ke drum untuk mendapatkan citra, toner tersebut tertarik dan meresap ke daerah-daerah yang bermuatan negatif (wilayah hitam).
4.    Pemindahan: Toner yang dihasilkan gambar pada permukaan drum ditransfer/dipindahkan dari drum ke sehelai kertas yang mempunyai muatan negatif lebih tinggi daripada permukaan drum.
5.    Pengeringan: Toner meleleh dan menempel pada kertas karena panas dan tekanan rol.
            Proses di atas merupakan contoh mesin fotokopi dengan sebuah drum dan kertas bermuatan negatif, serta toner bermuatan positif seperti yang terdapat dalam mesin fotokopi digital hari ini. Beberapa mesin fotokopi kuno, yang kebanyakan masih analog, menggunakan drum dan kertas bermuatan positif, dan serta toner bermuatan negatif.

Prinsip kerja Fotokopi Modern:
1.    Pencahayaan, cahaya yang sangat terang yang dihasilkan dari lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah diletakkan di atas kaca dengan posisi terbalik ke bawah pada kaca, gambar pada dokumen kemudian akan dipantulkan melalui lensa, kemudian lensa akan meangarahkan gambar tersebut ke arah tabung drum. Tabung drum adalah silinder dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya.
2.    Gambar yang lebih terang pada permukaan drum akan mengakibatkan elektron-elektron muncul dan menetralkan ion-ion positif yang dihasilkan oleh kawat pijar ( corona wire ) sebelah atas drum ( kawat 1 ), sehingga pada permukaan yang terang tidak ada elektron yang yang bermuatan, sedangkan pada cahaya yang yang lebih gelap akan menghasilkan tidak terjadi perubahan muatan, tetap bermuatan positif.
3.    Serbuk berwarna hitam ( toner ) bermuatan negatif yang berada pada depeloper, akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum.
4.    Tegangan tinggi DC yang diberikan pada kawat pijar ( corona wire ) membuat drum bermuatan positif, kawat pijar ( corona wire ) terdapat dua buah, satu terdapat diatas drum ( kawat 1 ), dan di bawah drum ( kawat 2 ).
5.    Selembar kertas yang dilewatkan di bawah drum ketika drum berputar, sebelum kertas mencapai drum terlebih dahulu kertas dijadikan bermuatan positif oleh kawat 2, sehingga toner yang menempel pada kertas akan tertarik dengan sangat kuat ke kertas, karena gaya tarik muatan positif pada kertas lebih kuat dari pada muatan positif pada drum ditambah lagi dengan gaya gravitasi
6.    Berikutnya kertas akan di lewatkan melalui dua buah rol panas yang bertekanan, panas dari kedua rol tersebut akan melelahkan toner yang kemudian akan menempel erat ke kertas.peristiwa ini akan menghasilkan copian atau salinan gambar yang sama persis dengan aslinya.
7.    Setelah toner turun ke kertas drum akan terus berputar sampai melewati blade (cleaning balde) pembersih drum kemudian melalui kawat 1 (primary corona wire), sehingga drum kembali bermuatan positif dan siap kembali disinari terus berulang-ulang.
Analisis Manfaat Mesin Fotokopi
            Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa mesin fotokopi bekerja dengan melibatkan kilat/cahaya. Cahaya yang digunakan berasal dari mesin itu sendiri. Mengenai menempelnya tinta pada kertas, itu merupakan akibat dari perbedaan muatan antara kertas yang bermuatan negatif(dibuat bermuatan negatif) dengan toner yang bermuatan positif Toner bermuatan positif. Ketika toner dimuntahkan ke drum untuk mendapatkan citra, toner tersebut tertarik dan meresap ke daerah-daerah yang bermuatan negatif (wilayah hitam).. Perbedaan muatan inilah yang menyebabkan tinta dapat menempel pada kertas. Listrik statis membuat tinta tetap menempel pada kertas. Ketika tinta sudah menempel pada kertas, dengan cepat sistem pengeringan bekerja. Ditambah tekanan pada rol membuat hasil kopian dapat mengering lebih cepat.
            Pada mesin fotokopi hitam putih, prisip kerja mesin tentu lebih sederhana dibanding mesin fotokopi yang berwarna. Pada fotokopi hitam putih toner yang digunakan hanya tinta hitam. Piranti yang digunakan mesin fotokopi hitam putih pun lebih sederhana.
            Mesin fotokopi juga membuat film negatif terlebih dahulu seperti pada kamera.  Di dalam mesin terdapat silinder yang terbuat dari bahan metal konduktif (biasanya aluminium), dilapisi dengan fotokonduktif (biasanya selenium). Fotokonduktor adalah material yang akan menampung muatan dalam kegelapan, namun akan hilang muatannya jika disinari cahaya.

BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Dari bebagai pembahasan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa, terdapat berbagai fungsi yang dapat diperoleh dari kedua gelombang tersebut yaitu Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya mulai dari pemanfaatan dari sektor Industri, Kesehatan, Pertahanan dan Keamanan Sampai kebidang Teknologi dan Komunikasi .
Gelombang Bunyi diantarantanya,Gelombang Ultrasoni, Infrasonic,dan Audiosonic . Gelomabng Ultrasonik digunakan dalam bidang kedokteran untuk memeriksa organ dalam tubuh serta digunakan dalam bidang industri sebagai pemeriksa keretakan bangunan dan mamfaat yang lainnya.
Gelombang Cahaya diataranya, Sinar Ultraviolet, Gelombang Micro Microwave (Microwave),Sinar Radio,Cahaya Tampak,Infra Merah, Dan Sinar X .Salah satu kegunaan Gelombang Cahaya diantaranya Infra Merah yang digunakan berbagi macam alat komunikasi dan elektronik Misalnya remote control.

B.SARAN
Kepada para pembaca agar dapat memamfaatkan ilmu dengan sebaik-baiknya, tidak pantang menyerah dalam menuntuk ilmu karena ilmu merupakan tolak ukur kehidupan seseorang.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Cahaya
http://info.g-excess.com/id/info/Pengertian_dan_Arti_dari_Cahaya.info
http://nilasari.blog.uns.ac.id/2009/09/26/gelombang/
http://www.infolinks.com/search.html?q=ultrasonic&pid=17149&wsid
http://www.scribd.com/doc/34671196/Aplikasi-Gelombang-Bunyi
http://www.google.co.id/imglanding?q=gelombang+elektromagnetika&hl=id&gbv=2&tbs=isch:1&tbnid=_CKrTvinlYY7TM:&imgrefurl=http://informasi-fisika.blogspot.com/2010_04_01_archive.html&imgurl=http://aktifisika.files.wordpress.com/2008/11/electromagneticwavefigure1.jpg&zoom=1&w=352&h=200&iact=hc&ei=erOpTPKpJYWfcZGRlNYN&oei=crOpTImPO4LIvQOvr9yYDA&esq=2&page=2&tbnh=91&tbnw=160&start=23&ndsp=24&ved=1t:429,r:15,s:23&biw=1366&bih=549
http://blog.tritanu.com/index.php/bagaimana-cara-kerja-mesin-fotokopi/
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_fotokopi

1 komentar:

  1. makasiih ngebantu banget buat bahan belajar uas nih :)

    BalasHapus